August 10, 2022

Biro Organisasi Setda Prov. Bali Adakan Undangan Teknis Penyusunan Contoh Perilaku BerAKHLAK dan Pelaksanaan Monev Agen Perubahan Via Zoom (14/1/2022) .

Dalam rangka mendorong perubahan pola pikir dan budaya kerja ASN Pemerintah Provinsi Bali untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi, perlu disusun Contoh Perilaku core values ASN BerAKHLAK perangkat daerah dan melaksanakan monev Agen Perubahan Semester II Tahun 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, Biro Organisasi Setda Prov. Bali Adakan Undangan Teknis Penyusunan Contoh Perilaku BerAKHLAK dan Pelaksanaan Monev Agen Perubahan Via Zoom (14/1/2022).
.
BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, komponen di dalamnya ialah :
Berorientasi Pelayanan, maksudnya; memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, kemudian melakukan perbaikan tiada henti.
.
Lalu ada komponen Akuntabel, yaitu; melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, lalu menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
.
Kompeten, panduan perilakunya ialah; meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
.
Harmonis, panduan perilakunya adalah; menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.
.
Loyal, panduan perilakunya adalah; memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.
.
Adaptif, panduan perilakunya adalah; cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif.
.
Kolaboratif, panduan perilakunya ialah; memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.